Bogor – 18 Juni 2025 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bogor menggelar Rapat Kenaikan Kelas Tahun Ajaran 2024/2025 pada hari Rabu, 18 Juni 2025. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang lab komputer dan dihadiri oleh Kepala Madrasah, Wakil Kepala, wali kelas, guru mata pelajaran, serta staf tata usaha.
Rapat ini merupakan agenda penting dalam
kalender pendidikan yang bertujuan untuk menentukan kelulusan siswa ke jenjang
kelas berikutnya berdasarkan hasil evaluasi akademik dan non-akademik selama
satu tahun ajaran.
Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Bogor, Bapak Safwan Maulana, M.Pd.,
menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan komitmen para guru dalam membimbing
siswa selama satu tahun pelajaran. Beliau menekankan pentingnya musyawarah
dalam menentukan kenaikan kelas secara objektif, adil, dan sesuai dengan
pedoman penilaian madrasah.
``Keputusan
kenaikan kelas harus mengacu pada data riil, tidak hanya dari nilai akademik,
tetapi juga dari aspek sikap, kehadiran, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan
madrasah. Semua keputusan harus didasari atas pertimbangan pendidikan terbaik
bagi siswa,`` tegas beliau.
Dalam rapat tersebut, masing-masing wali kelas
mempresentasikan perkembangan peserta didik di kelasnya, baik dari sisi capaian
belajar, sikap spiritual dan sosial, maupun kehadiran. Guru-guru mata pelajaran
juga memberikan masukan berdasarkan hasil Penilaian Akhir Tahun (PAT) dan
observasi selama proses pembelajaran.
Selain menentukan siswa yang naik kelas, rapat
juga membahas tindak lanjut bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar,
termasuk pemberian program pengayaan, remedial, dan pembinaan karakter yang
lebih intensif.
Rapat berlangsung dengan suasana musyawarah
yang kondusif, penuh tanggung jawab, dan menjunjung asas keadilan demi kemajuan
peserta didik.
Hasil rapat akan dituangkan dalam dokumen
resmi dan menjadi dasar dalam penyusunan rapor semester genap yang akan
dibagikan kepada siswa dan orang tua pada tanggal 20 Juni 2025.
Dengan terlaksananya rapat kenaikan kelas ini,
MAN 2 Bogor terus berkomitmen untuk menjalankan proses pendidikan yang
berkualitas, terarah, dan berlandaskan nilai-nilai keislaman.
Tulis Komentar