Green Campus MAN 2 Bogor

Tentang Kami

Kampus Hijau MAN 2 Bogor

Visi

Unggul dalam Prestasi, Mulia dalam Akhlak

Tentang Kami

Misi

1. Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan cerdas, terampil, beriman, bertaqwa dan memiliki keunggulan kompetitif; 
2. Meningkatkan penyelenggaraan proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan;
3. Mewujudkan fasilitas madrasah yang relevan, mutakhir dan berwawasan ke depan;
4. Mewujudkan lembaga madrasah yang Islami, berkualitas, populis dan mandiri
5. Meningkatkan ciri khas agama Islam dalam pendidikan di madrasah.

0
Total Siswa
0
Tenaga Pendidik
0
Personil TU
0
Jumlah Kelas

Tentang MAN 2 Bogor

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selamat datang di Kampus Hijau MAN 2 Bogor

.

Sambutan Kepala MAN 2 Bogor

Bersyukur Alhamdulillah, kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga Website terbaru MAN 2 Bogor ini dapat diluncurkan dengan baik. Saya atas nama Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Bogor Kabupaten Bogor menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tidak terhingga atas upaya dan kerja keras tim yang telah menyusun dan meluncurkan website profile MAN 2 Bogor.

MAN 2 Bogor merupakan salah satu lembaga pendidikan formal di bawah naungan Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Jawa Barat. Dalam perkembangannya, MAN 2 Bogor terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan layanan terhadap seluruh stakeholder, baik internal maupun eksternal.

Pada sisi lain, MAN 2 Bogor juga senantiasa merespon perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi dengan harapan melalui cara seperti itu MAN 2 Bogor menjadi lembaga pendidikan yang populis, agamais dan berkualitas.

Kehadiran website ini diharapkan menjadi media informasi bagi seluruh lapisan masyarakat tentang eksistensi MAN 2 Bogor baik yang berhubungan dengan kondisi objektif maupun langkah-langkah strategis yang dimiliki dalam upaya memberikan pelayanan prima terhadap para peserta didiknya.

Peluncuran website MAN 2 Bogor memiliki nilai strategis, karena bukan saja sebagai media informasi madrasah, akan tetapi lebih luas akan memberikan informasi perkembangan & kemajuan kepada dinas/instansi dan masyarakat banyak khususnya para orang tua peserta didik mengenai informasi terkini secara utuh dan rinci, dalam rangka mengemban tugas pembangunan di zaman milenial sekarang ini.

Bogor, Januari 2021
Kepala Madrasah,

Dra. Hj. N. Nani Ruhyani, M.Pd

 

Pengatar TIM Website MAN 2 Bogor

Website MAN 2 Bogor sebagai sarana penyampaian Informasi kepada Publik dan Sivitas Akademika Madrasah. Sebagai Umpan balik, dan Interaksi Siswa,Guru, dan Alumni. Mengingat umur Web yang terbilang masih seumur jagung,tentunya masih banyak kekurangan serta fasilitas yang belum memenuhi kebutuhan pengguna Web ini. Maka dari itu kami selalu mengharap kritik dan saran mengenai Web MAN 2 Bogor.

Seiring perkembanganya, IT MAN 2 Bogor sudah menunjukan perbaikan tahun demi tahun. Bermula dari Official Website, dan 3 laboratorium komputer. Selain itu, fasilitas IT MAN 2 Bogor adalah siswa dapat mengetahui informasi dan agenda terkini, mendownload E-book di E-Library milik Perpustakaan MAN 2 Bogor yang sudah mendigital, baik yang berjalan secara Local Server atau online sepenuhnya. Didukung dengan Wifi yang luas serta bandwidth yang mencapai kecepatan 100/MBPs, Alhamdulillah kesemua sistem di atas dapat berjalan dengan baik.

 

Prestasi Unggul Para Siswa

  1. Setiap tahunnya MAN 2 Bogor selalu meluluskan 100% siswa-siswinya
  2. Banyak Alumni MAN 2 Bogor diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, lewat jalur SNMPTN/SBMPTN/SPAN/ Mandiri yang tersebar di Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Bandung, Universitas Islam Negeri Malang, dan PTN lainnya di Indonesia
  3. Dan masih banyak prestasi siswa/siswi MAN 2 Bogor lainnya yang tidak heran jika anda berkunjung yang pertama menyambut anda adalah deretan piala-piala hasil prestasi siswa-siswi MAN 2 Bogor.
 

Fasilitas & Sarana Prasarana
» Laboratorium Bahasa
» Tersedia 4 Laboratorium Komputer / TI
» Ruang Kesenian
» Hotspot Area
» Sarana olah raga: (Lapangan tenis, lap. Basket, dan Lapangan sepak bola/futsal)
» Perpustakaan & E-Library
» Ruang kesehatan/UKS
» Masjid 2 lantai
» Ruang Osis
» Lahan parkir yang luas
» Kantin dan Koperasi
» Taman Hijau

 

Sejarah MAN 2 Bogor – MAN Leuwiliang 

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bogor Kabupaten Bogor, berdiri pada tahun 1995 dengan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 5154 tahun 1995. MAN ini berasal dari Madrasah Aliyah swasta Al-Manar yang merupakan MAN Persiapan. Semula MA ini direncanakan sebagai Madrasah Aliyah Negeri, pengembangan dari MTsN Babakansirna. Gagasan ini merupakan keinginan muwakif tanah MTsN Babakansirna agar di kompleks tersebut terdapat Madrasah Negeri setingkat lebih tinggi dari MTsN. Tujuannya adalah agar tamatan MTsN Babakansirna di sekitar kecamatan leuwisadeng dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dengan jenis sekolah yang sama (Madrasah). Keinginan ini mendapat sambutan positif dari para orang tua MTsN Babakansirna dari Kandepag Bogor.

Untuk memenuhi keinginan berbagai pihak di atas, maka pada bulan Agustus 1982 dimulai perencanaan pembukaan MAN persiapan, untuk tahun pelajaran 1983 – 1984 dengan dipelopori oleh beberapa guru dan alumni MTsN Babakansirna. Dari guru-guru MTsN antara lain: A. Saepudin, H. Ahmud Mudrika, BA, Syarif Hidayat, Efendi B, Watir Jawahir dan Soleh, BA (Kepala MTsN Babakansirna), dari pihak alumni antara lain: Drs. Alek Iskandar, M.Pd, Drs. Syarif Mughni,MA, Marsudin dan A. Jarkasih. Terpilih sebagai Kepala MAN Persiapan pertama adalah: H. Ahmud Mudrika (Guru MTsN Babakan Sirna).

Pada tahun pelajaran pertama (1983/1984) jumlah siswa kelas I MAN Persiapan sebanyak 84 orang. Adapun kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada siang hari dengan menggunakan lokal MTsN Babakansirna. Pada tahun pertama ini sebenarnya sudah mempunyai tanah wakaf dari Bapak H. Hafidz Ma’mur seluas 1118 M2. Sedangkan Bapak H.E. Sukardi selaku muwakif MTsN Babakansirna juga sudah menyatakan ketersediannya untuk memberikan wakaf bagi MAN Persiapan ini jika dapat segera dinegerikan. Sehubungan pada tahun tersebut belum ada penegerian madrasah di Departemen Agama, sedangkan sebuah lembaga pendidikan seperti ini harus memiliki wadah lembaga (organisasi) maka pada tahun 1985 didirikan Yayasan Al-Manar untuk menaungi madrasah ini.

Setelah berjalan tiga tahun, Madrasah Aliyah Al-Manar ini telah mempunyai kelas yang lengkap (kelas I, II, dan III), sementara bangunan masih menumpang. Kondisi ini akhirnya menurunkan minat siswa tamatan MTsN dan orang tua untuk menyekolahkan anaknya pada madrasah aliyah ini, apalagi kegiatan belajar mengajarnya dilaksanakan pada siang hari. Akhirnya setelah menghasilkan lulusan dua angkatan, jumlah siswa di Al-Manar semakin menurun. Pada tahun 1989, karena H. Ahmud, BA sakit, kemudian digantikan oleh Bapak Syarif Hidayat BA pada tahun 1990, guna mencari solusi bagi keberlangsungan madrasah, maka MA AL-Manar berpindah lokasi ke MIN Sadeng agar kegiatan belajar mengajar dapat dilaksanakan pada pagi hari.

Dengan perkiraan kegiatan belajar mengajar siang hari berlangsung 4 tahun sampai tahun 1994. Namun kondisi inipun tidak memperbaiki keadaan. Sehingga pada tahun 1993/1994 tidak mempunyai siswa kelas I. Saat itu pula datang tawaran dari Depag untuk penegerian madrasah aliyah swasta. Tawaran ini segera mendapat sambutan positif pimpinan dan guru MA AL-Manar yang akhirnya menghasilkan Madrasah Aliyah Negeri Leuwiliang.

Sementara menjelang penegerian mulai tahun pelajaran 1994/1995 tempat kegiatan belajar mengajar kembali ke kompleks MTsN Babakansirna. Pada tahun itu Yayasan Al-Manar baru memiliki bangunan darurat 2 lokal yang dapat ditempati hanya satu lokal dan digunakan sebagai ruang kantor. Berhubung Bapak Syarif Hidayat, BA yang menjabat adalah PNS di Babakansirna, maka segera diusahakan untuk mutasi ke MA Al-Manar setelah proses penegerian, Bapak Syarif Hidayat diangkat sebagai kepala Madrasah pertama MAN Persiapan. Jabatan ini dijabat sampai 30 November 1999 dan kemudian digantikan oleh Drs. M. Taufiqurrahman (Guru MAN Cibinong Kabupten Bogor) sampai tahun 2008 kemudian digantikan oleh Ibu Bapak Dr. H. Asep Ruhiat, M.M.Pd. sampai akhir tahun 2015 karena berpindah tugas menjadi Kepala MAN Cibinong.

Setelah itu, pada awal tahun 2016 pucuk kepemimpinan diamanatkan kepada Ibu Dra. Hj. N. Nani Ruhyani, M.Pd yang sebelumnya diamanahi Kepala MAN Jonggol Kabupaten Bogor sampai dengan sekarang. Saat ini, ditangan beliaulah MAN 2 Bogor terus berbenah menjadi madrasah unggulan tidak hanya di kancah provinsi namun juga di tingkat nasional.

Selang beberapa bulan di awal masa jabatannya, perubahan nomenkelatur penamaan madrasah aliyah negeri dilakukan dengan dikeluarkannnya SK Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 212 yang sebelumnya MAN Leuwiliang berubah menjadi MAN 2 Bogor.

Dengan semangat juang yang tinggi untuk kepentingan masyarakat dan pengembangan syiar Islam, maka pihak madrasah terus berbenah diri dari segi Sumber Daya Manusia terutama meningkatkan komepetensi tenaga pendidik dan kependidikan yang berkualitas dalam upaya mengembangkan kemampuan peserta didik.

Pendidikan di MAN 2 Bogor juga berpegang pada asas keseimbangan antara kreativitas dan disiplin, antara persaingan dan kerjasama serta antara tuntutan dan prakarsa dengan motto berjamaah dalam beribadah, serta disiplin dalam bersekolah.

Alumni Review

Apa Kata Alumni?

Yuk’ simak apa kata mereka tentang MAN 2 Bogor.

Hallo teman-teman! Aku Hanifa, salah satu alumni MAN 2 Bogor 2020. Menurutku, MAN 2 Bogor itu keren banget. Sebab, dari segi guru kami memiliki beragam type dari yang sangat serius, asyik, kekinian bahkan super baik. Selain itu, beberapa sarana dan prasarana disini cukup memadai sehingga mendukung minat dan bakat murid-murid baik dalam KBM, Lomba regional dan nasional, dll. Gak lupa bahwa disini kita juga dapet ilmu agama yang plus-plus deh jadi bisa seimbang antara dunia akhirat, pembiasaan tadarus dan dhuha juga dilaksanakan. Pokoknya aku bangga bgt jadi alumni MAN 2 Bogor!
Hanifah Zahrah Shalihah
Alumni 2020 (Kuliah di UI)
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean egestas magna at porttitor vehicula nullam augue.
Muhamad Fikri
Alumni 2016 (Lulusan ITB)
Assalamualaikum rekan-rekan. Saya Abdul Haris, salah satu alumni MAN 2 Bogor tahun 2013. Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari MAN 2 Bogor, banyak hal yang saya dapat mulai dari ilmu, motivasi, dan nasehat-nasehat guru yang bermanfaat bahkan dapat saya rasakan sampai saat ini. Bagi saya MAN 2 Bogor bukanlah sekedar tempat untuk menuntut ilmu, disana saya mendapatkan banyak hal; bertemu teman yang dapat membentuk karakter diri, guru yang kompeten dalam memberikan ilmu dan wawasan yang luas, sarana prasarana yang memadai untuk mengembangkan diri, serta ilmu agama sebagai modal besar dalam menggapai cita-cita dunia dan akhirat. Apapun pencapaian saya saat ini semua tak lepas dari didikan para guru yang terus mendukung dan mendoakan saya agar menjadi manusia yang bermanfaat. "Guru terbaik adalah guru yang tidak hanya ahli dalam mengajar, tetapi juga mampu memotivasi muridnya untuk bermimpi tinggi dan mewujudkannya"
Abdul Haris
Alumni 2013 (Brimob Polri)

MAN 2 Bogor @Copyright 2021 – 2022 All Right Reserved. Develop by Milenial Digital Web.