Leuwisadeng (INMAS Kabupaten Bogor)

Pramuka ambalan KI HAHAR DEWANTARA dan CUT MUTIA (KRITATIA) Man 2 Bogor kembali menunjukan eksistensinya dalam pembinaan dan kegiatan kepramukaan dengan melaksanakan kegiatan Kemah Pelantikan Pramuka Penegak Bantara. Kegiatan ini dilaksanakan pada senin-rabu (01/02/03/07/19) di Gunung Picung, Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini merupakan prosesi pelantikan dan pengukuhan seorang Pramuka yang telah menyelesaikan Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak sehingga berhak menggunakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara. SKU Penegak Bantara terdiri dari 23 poin yang mengandung 5 (lima) unsur area pengembangan yaitu Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh anggota ambalan yang berjumlah kurang lebih 21 orang. Sebelum prosesi pelantikan dilakukan, calon Penegak Bantara telah menyelesaikan SKU-nya terlebih dahulu kemudian melewati Sidang Dewan Kehormatan Penegak dan Prosesi Perjalanan Suci.

Saat amanat pembina upacara, Ade Irawan selaku kepala tata usaha MAN 2 Bogor mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal seseorang yang tergabung di Gerakan Pramuka, khususnya di Pramuka Penegak untuk memasuki dunia kepramukaan yang sesungguhnya.

“Mudah-mudahan para Pramuka yang telah dilantik menjadi Pramuka Penegak Bantara lebih loyal dan semakin menunjukkan eksistensi bakat dan pengetahuannya di bidang kepramukaan. Mengingat masa depan pramuka MAN 2 Bogor berada di tangan kalian". ungkap Ade.

Sementara itu, Waka Kesiswaan MAN 2 Bogor Dicky Ardiansyah mengku bangga proses kaderisasi anggota pramuka di ambalan MAN 2 Bogor berjalan dengan baik. “Ini patut diapresiasi karena memang kaderisasi di kita berjalan, semoga ini menjadi pembawa semangat untuk adik kelasnya nanti yang baru,” kata Dicky.

Kontributor : M. Sobarudin