Leuwisadeng (INMAS Kabupaten Bogor)

Sebanyak 757 siswa dari kelas  X dan XI Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bogor mulai senin sampai selasa (13-21 Mei 2019) mengikuti penilaian akhir tahun (PAT). Kegiatan ini merupakan proses yang wajib diikuti oleh siswa dalam mengukur keberhasilan pembelajaran.

“Hari ini hingga nanti selesa depan, semua anak-anak dari kelas X dan XI wajib ikut PAT,” kata Kepala MAN 2 Bogor Nani Ruhyani.

Lebih jauh dia mengatakan, Setiap satuan pendidikan selain melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

“Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik,” tandasnya.

Tak hanya itu, tambah dia, tujuan dari PAT ini adalah Menilai pencapaian kompetensi peserta didik, Memperbaiki proses pembelajaran, dan Sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar siswa.

“Intinya, kita ingin Memotivasi belajar siswa dengan cara mengenal dan memahami diri dan merangsang untuk melakukan usaha perbaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia PAT MAN 2 Bogor Imam Subqi mengatakan, seluruh panitia telah menyiapkan suksesnya penyelenggaraan PAT tahun pelajaran 2018/2019 ini. Karena memang menjadi proses penting dalam pencapaian KBM di MAN 2.

“Kita ingin menyiapkan ujian ini dengan baik, sehingga hasilnya maksimal,” kata Imam.

Kontributor : M. Sobar