Leuwisadeng (INMAS Kabupaten Bogor)

Untuk lebih meningkatkan eksistensi publikasi dan konten kegiatan pada MAN 2 Bogor, Anggota eskul Jurnalistik MAN 2 Bogor mengikuti Pendidikan dan Latihan (diklat) Jurnalistik Lima Pena MAN 2 Bogor di Aula MAN 2 Bogor, Sabtu/MInggu (23/24/3/19).

Kepala TU MAN 2 Bogor, Ade Irawan mengatakan, ekskul jurnalistik pada setiap lembaga pendidikan diharapkan mampu menjadi agen informasi yang bisa memberikan potret kekiniaan yang dilakukan di lembaga pendidikan yang ada, termasuk di MAN 2 Bogor.

“Kalian adalah agen informasi bagi MAN 2 Bogor, artinya semua kegiatan yang diselenggarakan atau yang ada di MAN 2 Bogor menjadi bagian yang harus diinformasikan ke masyarakat,” kata Ade.

Tak hanya itu, ditengah tantangan dunia maya yang begitu keras setiap dari siswa yang masuk kategori kaum mileneal ini dihadapkan pada banyak aspek, salah satunya maraknya berita hoax atau bohong melalui media sosial.

“Ini juga menjadi tantangan bagi anggota jurnalistik MAN 2 Bogor, yang harus mampu menangkal hoax yang kerap hadir di lingkungan pendidikan,” tandasnya.

Untuk itu, melalui Diklat ini setiap anggota ekskul jurnalistik harus bisa menimba ilmu dari berbagai narasumber yang mumpuni agar bisa diaplikasikan dalam keseharian di MAN 2 Bogor.“ Intinya jadilah agen informasi bagi MAN 2 Bogor,” ujar Ade.

Sedangkan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan MAN 2 Bogor, Dicky Ardiansyah menyatakan, ekskul jurnalistik MAN 2 Bogor termasuk ekskul yang aktif dan berkontribusi dalam berbagai program dan kegiatan sekolah.

“Tentunya dengan Diklat ini mereka bisa lebih produktif, berkontribusi dengan berbagai kegiatan yang ada, dan tak lupa ini juga bagian regenerasi setiap tahun bagi anggota ekskul jurnalistik,” kata Dicky.