Leuwisadeng (INMAS Kabupaten Bogor)

Memulai rangkaian ujian untuk kelulusan siswa kelas XII, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bogor memulai pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) Tahun 2019 untuk tingkat MA yang dimulai sejak Rabu-Jumat tanggal 13-15 Maret 2019.

Kepala MAN 2 Bogor Nani Ruhyani mengungkapkan, agar bisa lulus kelas XII tahun ini maka setiap siswa wajib mengikuti berbagai ujian yang dihelat salah satunya untuk awal ini adalah UAMBNBK. “Untuk tahun ini ada sebanyak 357 siswa kelas XII yang mengikuti UAMBNBK,” kata Nani.

Tentunya, sambung dia, seluruh guru berharap setiap siswa mampu mengikuti rangkaian ujian ini karena hal ini menjadi komponen penilailan siswa dalam menempuh pendiidkan di MAN 2 Bogor.

“Kita selalu mewanti-wanti seluruh siswa untuk siap mengikuti rangkaian ujian yang ada,” ujarnya.

Pada tahun ini, Kementerian Agama melakukan inovasi pelaksanaan UAMBN dari berbasis kertas menjadi berbasis komputer. Manfaat UAMBN-BK antara lain untuk meningkatkan kredibilitas pelaksanaan dan hasil ujian pada Kementerian Agama. Di tingkat Aliyah mata pelajaran yang diujikan yaitu Fiqih, Al Qur'an Hadits, Bahasa Arab, SKI, Aqidah Akhlak.

“Ini merupakan terobosan, dan memang di MAN secara kesiapan sejak awal kita siap,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu siswa kelas XII MAN 2 Bogor Dendi Fazrian mengatakan, untuk keseluruhan mata pelajaran hari pertama dirinya bisa menjawab dengan baik. “Alhamdulillah bisa menjawab, dan dengan UAMBN-BK relatif lebih cepat, karena sistemnya komputer,” kata Dendi.