Berita Terbaru

MAN 2 Bogor Gelar AM 2024 Secara Online

Leuwisadeng – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bogor melaksanakan kegiatan Asesmen Madrasah (AM) Tahun 2024 mulai dari 18 s.d 27 Maret 2024, sebanyak 360 siswa MAN 2 Bogor mengikuti AM tahun ini. Kegiatan berjalan secara khidmat karena sejak Sabtu lalu para siswa sudah disiapkan dengan berbagai kondisi termasuk simulasi menggunakan aplikasi online yang dibuat panitia AM.

“Hari ini kita memulai rangkaian pelaksanaan AM 2024,” kata Waka Kurikulum MAN 2 Bogor Iqbal Noor Muhammad disela-sela pelaksanaan AM.

Menurutnya, ada yang berbeda pada pelaksanaan ujian kali ini karena panitia menerapkan system online untuk AM ini.

“Kita gunakan AM secara online, ini untuk memudahkan kita dan kita juga memasuki madrasah digital,” terangnya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Bogor Safwan Maulana mengungkapkan penyelenggaraan asesmen madrasah diatur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 723 tahun 2024 tentang Prosedur Operasional  Penyelenggaraan Asesmen Madrasah.

Asesmen merupakan proses pengumpulan dan pengelolaan data/informasi untuk mengukur kemajuan belajar dan capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.

“Setelah mereka belajar hampir 3 tahun dilembaga ini tentu harus ada ukuran untuk sebuah kelulusan, nah AM salah satunya,” kata Safwan.

Lebih jauh dia mengatakan, setidaknya ada tiga fungsi asesmen madrasah. Pertama, untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Kedua, sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran pada madrasah. Ketiga, sebagai salah satu syarat penentuan kelulusan.

“Asesmen untuk jenjang Madrasah Aliyah atau MA akan diselenggrakan dalam rentang waktu 4 – 30 Maret 2024, dan kita MAN 2 mengambil waktu dari 18 s.d 27 Maret 2024,”tandasnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama akan menggelar Asesmen Madrasah 2024 bagi siswa madrasah di seluruh Indonesia. Asesmen Madrasah ini merupakan pengganti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN).

Asesmen Madrasah merupakan asesmen sumatif yang dilaksanakan untuk peserta didik kelas akhir jenjang pendidikan madrasah. Asesmen Madrasah bertujuan mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

“Data kami mencatat, ada lebih dari 2,3 juta siswa yang akan mengikuti Asesmen Madrasah 2024,” terang Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Sidik Sisdianto saat Rapat Koordinasi Persiapan Asesmen Madrasah di Denpasar, Senin (19/2/2024).

Adapun asesmen diikuti siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI), kelas IX Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan kelas XII Madrasah Aliyah (MA). Ada 690.413 siswa kelas VI MI yang akan mengikuti Asesmen Madrasah 2024. Untuk MTs, jumlah siswa kelas IX yang akan mengikuti asesmen mencapai 1.114.896 anak. Sementara untuk kelas XII MA, ada 526.002 siswa yang akan mengikuti asesmen.

“Jadi total ada 2.331.311 siswa yang akan ikut Asesmen Madrasah 2024,” ungkap Sidik.

Kontributor : Ade Irawan

Post A Comment

Langganan

Kirim email dan dapatkan berita terbaru

MAN 2 Bogor @Copyright 2021 – 2022 All Right Reserved. Develop by Milenial Digital Web.

biolah

hariantulis

depo 25 bonus 25

depo-25.com

mndrmndr.com

bonusdeposit.net

https://sukamulya-rancaekek.desa.id/product/depo25bonus25/

https://sukamulya-rancaekek.desa.id/product/depobonus/

https://smkbrawijayaponorogo.sch.id/product/slot-bonus/

https://sukamulya-rancaekek.desa.id/product/slot-bonus/

https://sumberjo-blitar.desa.id/images/