2 MAN2BOGOR.SCH.ID, Kab. Bogor

Masih tingginya wabah Pandemi Covid-19, para Guru MAN 2 Bogor tak hentinya berkreasi memanfaatkan media pembelajaran jarak jauh (PJJ) berupa aplikasi e-learning madrasah ataupun aplikasi-aplikasi pembelajaran online lain seperti Google Classroom, Zoom Meeting, Hangout, WhatsApp, Blog dan lain-lain.  

Sesuai tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi), kepala madrasah melaksanakan supervisi. Sebagai kepala madrasah, Hj. N. Nani Ruhyani didampingi waka kurikulum Pak Tulus (25/08) memantau secara langsung KBM daring melalui fitur supervisi online yang terdapat pada fitur e-learning madrasah milik kemenag.

Supervisi daring tersebut guna melihat perkembangan dan kemajuan kegiatan belajar mengajar (KBM) para siswanya. Seberapa banyak yang login dan apakah fitur-fitur pembelajaran dimanfaatkan secara maksimal oleh para guru dalam mengajar, disini kepala madrasah dapat menilai sejauh mana para guru berperan aktif memanfaatkannya.  

“Harapannya, supervisi daring mendorong para guru untuk lebih aktif memanfaatkan media pembelajaran daring. Walaupun e-learning madrasah punya plus minus, harus dimanfaatkan dengan baik oleh para guru karena fiturnya yang sudah cukup lengkap dan mudah digunakan” papar Hj. N. Nani Ruhyani selaku kepala madrasah.

Dikatakan saat Hardiknas 2020, walaupun tidak dituntut untuk menuntaskan kurikulum nasional, diharapkan mendikbud Nadiem Makarim pembelajaran daring tidak menyulitkan & jangan membosankan namun fokus dan membangun semangat siswa agar mau belajar. (Oziel)