1 MAN2BOGOR.SCH.ID, Kab. Bogor

Kendati belum terasa maksimal hasil pemanfaatan dari media pembelajaran online, para guru MAN 2 Bogor terus berupaya menggiatkan mengajar daring secara efektif dan interaktif. Contohnya, pak wawan salah seorang Guru Geografi yang memanfaatkan e-learning madrasah milik Direktorat KSKK Kementerian Agama. 

Ditemui saat mengajar daring (26/08) menurutnya, sistem e-learning tersebut fiturnya cukup lengkap dan memudahkan para siswa dalam memperoleh informasi kegiatan pembelajaran. “Dalam e-learning madrasah ini ada fitur pembelajaran tatap muka atau video call lalu ada fitur konten pembelajaran, absensi kehadiran online, ujian berbasis komputer (CBT) hingga pengolahan nilai secara online. Jadi, ini bisa kita manfaatkan secara efektif” tuturnya. 

Di samping itu, Hj. N. Nani Ruhyani selaku kepala madrasah menjelaskan, dewan guru yang berjumlah 52 orang terus disupport dengan meningkatkan sarana prasarana yang memadai dan tools berupa penyewaan Server VPS e-learning yang mumpuni dan menambahkan kecepatan koneksi internet madrasahnya.

“Di masa Pandemi Covid-19 ini, para guru tidak hanya diharapkan terampil menggunakan media pembelajaran daring, namun jauh dari itu bagaimana para siswa lebih enjoy dan tidak bosan akan belajar daring, serta tidak jenuh dengan diterapkannya pembelajaran jarak jauh (PJJ) sehingga anak-anak kami senang akan belajar secara bermakna” paparnya. (Oziel)