Leuwisadeng (INMAS Kabupaten Bogor)

KSM atau Kompetisi Sains Madrasah merupakan ajang kompetisi bakat dan minat di bidang sains antar siswa madrasah di seluruh Indonesia. Pelaksanaannya dibuat berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan (madrasah), kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Diharapkan kompetisi ini mampu mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang sains sehingga menjadi manusia yang mencintai bidang keilmuan dan mampu berkompetisi di tingkat internasional.

Kepala MAN 2 Bogor Nani Ruhyani bangga atas prestasi yang diraih siswa MAN 2 Bogor dalam ajang KSM tingkat Kabupaten Bogor karena berhasil menyabet juara dalam mata pelajaran bergengsi.

“Kita berhasil unggul dalam beberapa mata pelajaran bergengsi, salah satunya juara 1 Biologi,” kata Nani.

Keberhasilan ini tentu saja disambut gembira oleh seluruh steakholder MAN 2 Bogor atas hasil ini, pasalnya dalam beberapa tahun ini MAN 2 Bogor belum bisa masuk ke kancah yang lebih tinggi.

“Kita berharap ini menjadi motivasi awal kembali untuk Berjaya di jenjang yang lebih tinggi, kta berharap sampai tingkat Nasional,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Dicky Ardiansyah mengatakan, keberhasilan ini tidak terlepass dari bimbingan pimpinan serta dewan guru dalam mendidik dan mengarahkan siswa MAN 2 Bogor dalam pendidikan sains.

“Ada komitmen bersama dari seluruh dewan guru dan tingkat pimpinan untuk terus mengembangkan dan mewujudkan prestasi anak di tahun ini, untuk memberi motivasi kita serahkan kadeudeuh dan medali dihdapan siswa lainnya,” kata Dicky.

Dalam KSM tingkat Kabupaten Bogor, Madrasah Aliyah Negeri 2 Bogor berhasil menyebet beberapa juara diantaranya Hanifa Azahra juara 1 Bilogi, Pdla Cahyani juara 2 Geografi, Putri Peni Pebriyanyi Juara 3 Ekonomi dan Risma Diana Putri juara 3 KSM Kimia.

Kontributor : M. Sobarudin