Cibungbulang - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bogor menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Tahun 2018, kegiatan ini merupakan salah satu program MAN 2 Bogor dalam penguatan eksistensi kepemimpinan siswa di MAN 2 Bogor. Kegiatan ini diselenggarakan Taman Air Gunung Handeleum Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor,  Kamis, (11/10).

Kepala MAN 2 Bogor Nani Ruhyani mengatakan,  LDKS merupakan tahap pertama atau merupakan syarat yang harus dilalui para siswa dan siswi sebelum masuk menjadi pengurus OSIS, dimana siswa harus terlebih dahulu mengikuti LDKS.

“LDKS merupakan tahap yang harus dilewati atau harus diikuti siswa sebelum ia menjadi anggota OSIS,” kata Nani.

Lebih jauh dia mengatakan, LDKS mencetak generasi muda yang berkarakter merupakan sebuah bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi di sekolah, seperti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

“Pelatihan ini punya peranan penting untuk membangun karakter kepemimpinan agar dimasa depan nanti ia bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk keluarga dan masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Dicky Ardiansyah mengatakan, LDKS ini menjadi ajang pembibitan kepemimpinan siswa madrasah terutama dalam berbagai bidang, makanya untuk pemateri pihaknya melibatkan narasumber dari KNPI Kabupaten Bogor, ICMI Kabupaten Bogor dan MUI Kabupaten Bogor.

“Ini komitmen kita bagaimana membentuk dan mencetak generasi islami dan kepemimpinan dimassa yang akan datang,” kata Dicky.

Maka dari itu, dirinya berharap semoga pelatihan ini bisa memberikan kontribusi nyata dalam membangun karakter pemimpin yang kuat di kepengurusan OSIS yang baru hasil pemilihan waktu lalu yang sudah dilakukan oleh kesiswaan.

Kontributor : Lutfi Fudholi