Leuwisadeng (INMAS Kabupaten Bogor)

Antusias siswa MAN 2 Bogor untuk menyalurkan aspirasi dalam Pemilihan Ketua OSIS (Pilkaos) MAN 2 Bogor sangat tinggi, hal itu terbukti dengan berduyun-duyunnya mereka memadati tempat pemilihan suara (TPS) di Halaman MAN 2 Bogor.

“Hari ini kita ingin memberikan sebuah nilai pembelajaran tentang sebuah demokrasi,” kata Kepala TU MAN 2 Bogor Ade Irawan.

Menurutnya, dalam era seperti ini pola pendidikan demokrasi harus dimulai dari lingkungan pendidikan karena ini menyangkut sebuah system pembalajaran yang ada di Negara Indonesia. “Demokrasi merupakan sebuah system bersama, artinya anak-anak perlu diarahkan dalam memahami system demokrasi kita,” ucapnya.

Oleh karenanya, lembaga pendidikan memiliki andil besar dalam mengarahkan dan membentuk pola pendidikan kewarnganegaraan yang baik, sehingga dalam aplikasinya dimasyarakat siswa mampu memberikan aspirassinya dengan baik.

“karena usia SMA/MA merupakan pemilih produktif artinya masuk ke pemilih pemula, maka menjadi penting guru dan madrasah mengajarkan arti pentinya demokrasi dan kepemimpinan generasi muda,” imbuhnya.

Sedangkan, Ketua KPO MAN 2 Bogor Jatnika Wijaya mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan ribuan suara untuk Pilkaos Man 2 Bogor ini, karena setiap siswa memiliki hak suara begitupun pegawai MAN 2 Bogor.

“Setiap siswa memiliki hak suara begitupun dewan guru dan TU. Mereka boleh menyalurkan aspirasinya dengan memilih Paslon yang ada,” kata Jatnika.

Kontirbutor : Muhamad Yusuf

Editor : Ade Irawan