Leuwisadeng (Inmas Kabupaten Bogor)

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bogor kembali mendapat kepercayaan sebagai lembaga pendidikan yang dianggap prestisius membina para mahasiswa yang mendekati perkuliahan akhir. Ya, sebanyak lima orang mahasiswa UIKA Bogor kembali magang di MAN yang terletak di Bogor Barat Kabupaten Bogor ini.

Perwakilan Guru MAN 2 Bogor Wawan Setiawan mengatakan, MAN 2 Bogor terbuka menerima mahasiswa yang ingin praktek mendidik, pasalnya MAN 2 Bogor juga memiliki program kemitraan dengan Perguruan Tinggi di wilayah Bogor.

“Tentu, dengan kemitraan ini kita bisa saling sharing seputar dunia pendidikan, baik yang memang kekiniaan, termasuk melalui magang seperti ini,” kata Wawan.

Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat bagus karena membekali mahasiswa pengetahuan tentang profesi guru organisasi profesi kependidikan, supervisi kependidikan, etos kerja, peningkatan kompetensi, penilaian kinerja, pengembangan karir guru, dan profesi guru.

“Mereka juga pada akhirnya bisa belajar, sebelum benar-benar terjun sebagai tenaga pendidik,” ujarnya.

Sementara itu, Mahasiswa UIKA Bogor Jurusan PAI Kamilah Rahma  mengatakan, mahasiswa melaksanakan magang yang terintegrasi dengan mata kuliah Profesi Kependidikan berupa kegiatan mengajar dan observasi/wawancara ke sekolah dan guru model untuk memahami tentang kultur sekolah dan kompetensi guru.

“Untuk mengetahui kultur sekolah melalui kegiatan magang kependidikan dan kita juga belajar memberikan materi keilmuan sesuai jurusan pendidikan kita,” pungkasnya.

Kontributor : Lutfi Fudholi

Editor : H. Ade Irawan