Leuwisadeng (INMAS Kabupaten Bogor)

Madarsah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bogor menyelenggarakan Kawah Kepemimpinan majelis Permusyawaran kelas (KKMPK) di Aula MAN 2 Bogor, Sabtu-minggu (02-03/11/19). Kegiatan ini bertujuan membentuk karakter pemimpin bagi pengurus MPK baru di MAN 2 Bogor.

“Pemimpin yang baik dihasilkan dari proses pembelajaran organisasi yang panjang. Jadi tidak ada yang instan tiba-tiba jadi pemimpin,” kata Kepala TU MAN 2 Bogor Ade Irawan.

Menurutnya, Sikap kepemimpinan (leadership) patut ditanamkan sejak masa pelajar. Sebab sikap seperti ini tak hanya penting untuk membimbing orang lain, tetapi juga bermanfaat untuk diri sendiri.

“Sekali lagi, perlu ditumbuhkembangkan. Karena dengan berorganisasi maka kepempimpinan itu terasah dan akan semakin matang, maka dari itu jadikan KKMPK ini sebagai salah satu menuju hal itu,” tandasnya.

Sementara itu, Pembina OSIS MAN 2 Bogor Saep Sukandar mengungkapkan Student Leadership (Kepemimpinan Siswa) merupakan upaya untuk membangun sikap kepemimpinan dalam diri siswa agar menjadi siswa yang bertanggung jawab, siswa yang dapat menjalankan perannya sebagai siswa serta siswa yang dapat mengembangkan potensinya sebagai seorang pribadi.

“Siswa yang mempelajari dasar-dasar kepemimpinan akan punya kemampuan untuk mengenali dirinya sendiri. Hal ini tentu akan membuat siswa jadi merasa lebih percaya diri dengan kemampuan dan bakat yang dimilikinya,” kata Saep.

Kontributor : M. Sobarudin